Tuesday, September 25, 2012

Usaha ATK - Peluang dan bagaimana Cara memulainya

Berapa modal yang diperlukan untuk mendirikan usaha ATK ? Saya sudah terlalu sering menerima pertanyaan seperti ini, baik dari teman dekat, langganan atau bahkan dari orang yang baru saya kenal. Dan sampai sekarang terasa sulit untuk menjawab secara tepat berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha Alat tulis kantor.

Well, kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman pribadi yang Alhamdulillah sudah hampir 10 tahun bergerak dibidang usaha ATK. Berhubung ini berdasarkan pengalaman, jadi mungkin saja akan berbeda dengan teori orang sekolahan.



Segmentasi Usaha ATK
Untuk menentukan berapa besar modal yang diperlukan tentu sangat terkait skala usaha ATK yang akan didirikan dan segment pasar yang ingin dilayani. Perlu digaris bawahi, bahwa terlalu sulit untuk melayani semua kalangan secara baik dan memuaskan. Silahkan Anda berkunjung ke Toko ATK yang terbesar dikota Anda dan perhatikan apakah semua kebutuhan sudah tersedia ? saya tidak yakin disana sudah tersedia semua barang dan semua merk yang ada dipasaran. Faktanya memang begitu.

Sementara kita juga melihat, toko atk yang hanya menempati kios kecil diujung gang yang tetap eksis setelah bertahun tahun. Sekali lagi, ini menegaskan bahwa modal usaha tergantung segment pasar dan skala usaha yang ingin dibangun. Mudah mudahan sampai disini sudah mulai tergambar mengapa saya tidak bisa menjawab secara kuantitatif berapa modal yang diperlukan sebelum mengetahui gambaran rencana bisnisnya.

Bentuk dan Format Usaha Toko Alat Tulis Kantor
Dikalangan principle (produsen/pemegang merk) umum dikenal ada dua jenis pasar yang sering disebut sebagai tradisional market dan modern market.
  1. Modern market ini untuk mengelompokan jalur pemasaran yang cara penjualannya memiliki ciri ciri ritel modern yang ditandai dengan penyajian harga secara pas tanpa tawar menawar dan open display dan self service
  2. Tradisional market adalah kebalikan dari modern market. Biasanya barang numpuk numpuk digudang pembeli mesti menanyakan barang yang akan dibeli tersedia atau tidak, harga masih tawar menawar dan konsumen masih dilayani oleh pegawai toko.
Dari dua jenis diatas masih dibagi lagi menjadi wholeseller dan kelompok retailer. Sampai disini seharusnya sudah lebih jelas lagi kebutuhan modal yang diperlukan. Misalnya Anda ingin membuka toko modern tentu saja modal yang perlu disiapkan lebih besar dibanding dengn toko tradisional. Toko modern memerlukan biaya besar untuk seting tempat, rak display dan perlengkapan lainnya.

Peluang Usaha ATK
Mestinya bahasan peluang usaha atk ditempatkan diawal, namun karena tulisan ini memang ditujukan untuk Anda yang sudah memiliki ketertarikan awal maka kiranya saya tidak perlu menjelaskan masalah peluang usaha di bidang ATK ini. Jawabannya jelas masih ada dan akan terus tumbuh... ya iya lah.. kalau sudah gak ada peluang ngapain dijalanin. betul gak sih ! Hanya mengingatkan, usaha Alat tulis kantor bukan usaha baru, pasar ATK bisa dikatakan peluang yang sudah mature bahkan cenderung jenuh di wilayah tertentu. Jangan berpikir margin besar, mainlah di volume. itu saja.

Tulisan berlanjut pada posting berikut : Usaha ATK dan peluang dan cara memulainya part 2